makanan khas daerah Jawa Tengah

2 Makanan Khas Daerah Jawa Tengah yang Kudu Dicoba

Posted on

Berlibur tentu sangat menyenangkan bukan? Apalagi saat anda berlibur ditemani oleh orang-orang terkasih, rasanya ingin terus berlibur dan melupakan kesibukan sebagai pelajar atau karyawan. Saat berlibur ke Jawa Tengah tidak akan afdol tentunya kalo tidak mencicipi makanan khas daerah Jawa Tengah. Oleh karena itu, jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi kudapan khas Jawa Tengah dengan cita rasa istimewa yang pastinya berbeda dengan daerah lain di nusantara.

Jawa memiliki kekhasan rasa makanan yang beragam. Dalam satu provinsi saja contohnya Jawa Tengah setiap makanannya memiliki cita rasa yang berbeda mulai dari asin, gurih, pedas hingga manis walaupun masih berdekatan satu kota dengan lainnya.  Ciri khas makanan Jawa Tengah  umumnya dipengaruhi dari leluhur yakni dari kerajaan Yogyakarta dan Surakarta kuno. Pengaruh leluhur tersebut membuat cita rasa makanan Jawa Tengah terasa manis cenderung kurang pedas.

Daftar Makanan Khas Daerah Jawa Tengah

Ciri khas makanan Jawa Tengah
mendoan anget

Makanan yang harus dicoba ketika berkunjung ke daerah di Jawa Tengah tentu sangat banyak dengan cirri khas masing-masing. Disini akan merekomendasikan 5 daftar makanan khas Jawa Tengah:

  • Lumpia Semarang

Makanan khas dari daerah Semarang ini memang sudah tidak asing lagi bukan? Memiliki isian yang beragam seperti ayam, udang, rebung, dan sayuran ini bisa dinikmati selagi hangat dengan cabai rawit atau saus khusus. Ada banyak pedagang lumpia di berbagai sudut kota, tetapi cobalah mencari referensi toko terlaris dan bawalah beberapa untuk buah tangan.

  • Mie Ongklok

Bagi anda pecinta mie, wajib mencoba jenis mie satu ini. Makanan khas Wonosobo ini terbuat dari tepung kanji yang disajikan dengan daun kucai dan sayur kol yang disiram dengan kuah. Rasanya tentu tidak perlu diragukan lagi, apalagi menyantapnya dengan makanan pendamping berupa sate, gorengan, dan lainnya.

  • Tempe Mendoan

Bagi anda yang telah dan akan berwisata ke Jawa Tengah khususnya Banyumas Wajib dan Harus mencoba Tempe Mendoan. Sesuai dengan namanya Mendoan berasal dari kata Mendo yang artinya tidak terlalu matang. Ciri khas makanan Jawa Tengah Mendoan yakni Tempe yang dibaluri tepung dan digoreng tidak terlalu matang. Tapi tenang, walaupun tidak terlalu matang perihal rasa tidak perlu diragukan karena pastinya lezat dan aman di perut. Harga Tempe Mendoan juga terjangkau tidak membuat kanker atau kantong kering.

  • Gethuk Goreng

Berwisata dan berkunjung ke Jawa Tengah tidak lengkap kalo anda tidak mencicipi dan membawa pulang Gethuk Goreng sebagai oleh-oleh. Gethuk di Jawa Tengah ini berbeda dengan daerah lain, jika di daerah lain tanpa proses penggorengan maka Gethuk khas Jawa Tengah melalui tahap digoreng. Hal tersebutlah yang membuat cita rasa Gethuk khas Jawa Tengah tidak hanya lezat tetapi gurih dan juga kriuk.

  • Telur Asin

Makanan yang satu ini merupakan salah satu yang terkenal dari daerah Brebes.Jika anda berkunjung kesana pasti akan menemukan banyak sekali penjual telur asin. Rasanya yang lain dari telur asin biasa, asal Brebes ini selalu menjadi primadona.

Demikianlah ulasan terkait makanan khas daerah Jawa Tengah beserta ciri khas makanan Jawa Tengah. Jangan lupa berwisata kuliner saat berkunjung ke Jawa Tengah. Sekian, semoga ulasan dalam artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *