makanan khas daerah di Indonesia

Ragam Makanan Khas Daerah di Indonesia Dijamin Nampol

Posted on

Indonesia merupakan negara kepulauan yang tentunya memiliki ragam budaya dan ciri khas. Salah satu ciri khas yang membedakan setiap daerah di Indonesia bisa dilihat dari cita rasa kulinernya. Salah satu daerah di Indonesia yakni Nusa Tenggara memiliki kuliner khas yang tentunya wajib untuk dicoba saat berkunjung kesana. Baik itu makanan khas Nusa Tenggara Timur ataupun makanan khas Nusa Tenggara Barat kesemuanya wajib untuk dicoba.

Yang jadi pertanyaan sekarang, apakah anda tahu apa saja makanan khas daerah di Indonesia khususnya daerah Nusa Tenggara? Jika anda belum tahu dan sedang mencari jawabannya anda telah berada pada tempat yang tepat. Hal tersebut karena dalam artikel ini anda akan diajak untuk mengetahui lebih banyak cita rasa makanan khas Nusa Tenggara Timur ataupun Nusa Tenggara Barat secara lebih dekat.

Rekomendasi Makanan Khas Daerah NTT dan NTB di Indonesia

makanan khas Nusa Tenggara Barat

Berikut rekomendasi-rekomendasi beberapa makanannya yang bisa anda coba:

  • Kolo

Berkunjung ke Nusa Tenggara Timur tidak akan lengkap tanpa mencicipi Kolo. Kolo merupakan makanan khas Nusa Tenggara Timur berupa nasi bakar dengan campuran bumbu khas yang dimasukkan ke dalam bamboo. Kolo cocok menjadi hidangan utama saat sedang berlangsung acara adat. Untuk menambah cita rasa, Kolo sangat tepat disajikan dengan lauk dan juga sayuran.

  • Jagung Bose

Makanan khas Nusa Tenggara Timur memang tidak jauh-jauh dari olahan jagung. Hal tersebut karena NTT merupakan salah satu daerah penghasil jagung di Indonesia. Bahkan tidak jarang jagung dijadikan sebagai pengganti nasi sama halnya makanan Jagung Bose ini juga sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Jagung Bose yang terbuat dari campuran kacang-kacangan, jagung dan tidak jarang sayuran sangat cocok jika anda menikmatinya dengan lauk daging.

  • Ikan Kuah Belimbing

Bertandang ke Nusa Tenggara Timur anda bisa menikmati cita rasa makanan berkuah yang selain gurih tetapi terasa segar. Makanan tersebut adalah Ikan Kuah Belimbing. Ikan Kuah Belimbing dibuat menggunakan ikan tongkol yang dimasak seperti sop dengan tambahan buah belimbing serta rempah khas NTT. Dari bahan yang digunakan tersebut akan tercipta rasa gurih, asam dan segar, bagaiman anda tentu tidak sabar untuk mencicipinya bukan?

  • Ayam Taliwang

Selain Nusa Tenggara TImur, makanan khas Nusa Tenggara Barat juga tidak kalah nikmat untuk dicoba. Salah satu sajian yang terkenal bahkan hingga ke mancanegara adalah Ayam Taliwang. Sehingga tidak salah jika Ayam Taliwang dijadikan salah satu ikon kuliner di Nusa Tenggara Barat. Ayam Taliwang yang memiliki cita rasa khas semakin nikmat ketika disantap dengan tambahan bumbu atau sambal cocol yang gurih.

  • Kelaq Kelor

Dari namanya saja salah satu makanan khas Nusa Tenggara Barat ini sudah diketahui bahan utama yang digunakan untuk membuatnya. Ya, betul sekali, bahan yang digunakan untuk membuat Kelaq Kelor adalah daun kelor. Tetapi jangan khawatir, karena kudapan ini tidak hanya berisi daun kelor tetapi juga berisi sayuran hijau lainnya yang dimasak dengan kuah bening. Kelaq Kelor dipercaya selain memiliki cita rasa yang lezat dan menyegarkan juga mampu menjaga kesehatan tubuh.

Demikian  ulasan mengenai makanan khas daerah di Indonesia khususnya di Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Jangan lupa untuk mencoba setiap makanannya saat anda bertandang ke Nusa Tenggara. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *